Cacar Air ( varicella )

 

Cacar air atau varicella adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Apabila seseorang terinfeksi dgn virus tersebut, maka akan terjadi masa inkubasi selama 10-23 hari. Masa inkubasi adalah masa seseorang telah terinfeksi virus namun belum menunjukkan gejala klinis.

Setelah itu akan keluar ruam berupa lenting berisi cairan jernih di atas dasar kulit berwarna merah. Lalu ruam akan mengering menjadi keropeng.
Masa penularan penyakit ini adalah sekitar 1-4 hari sebelum ruam timbul sampai sekitar 5 hari kemudian atau sampai semua ruam telah menjadi kering (keropeng).

Penularan cacar air dapat terjadi melalui udara maupun melalui kontak langsung dgn cairan lenting pd ruam. Jadi ruam yang telah kering/keropeng sudah tidak menular. Yang masih menular adalah lenting yang walaupun sudah pecah namun belum mengering.

 

Penularan cacar air dapat terjadi melalui udara maupun melalui kontak langsung dgn cairan lenting pada ruam.

Penularan


Untuk mencegah penularan, hindari kontak dgn penderita. Cacar air diobati dgn obat anti virus yang diminum dan obat oles sesuai fase penyakit. Selama cacar air, anak tetap harus mandi. Disarankan utk menggunakan air dengan suhu tidak terlalu panas, dan menggunakan sabun yang lembut dan mengandung pelembab.

Berdasarkan masa penularan penyakit tersebut, maka anak usia sekolah yang terkena cacar air dapat kembali masuk sekolah setelah semua ruam kering.

 

 

Redaksi info : Dermatologist Team JSC