Liposuction atau Bedah Sedot Lemak (BSL) adalah suatu tindakan operasi untuk menghilangkan timbunan lemak tubuh dengan cara menyedot keluar.
Tujuannya adalah mengurangi timbunan lemak dibawah kulit (subkutis) dan membuangnya secara permanen.
Liposuction di JSC dilakukan dalam pembiusan local tumesen, dalam arti pasien tetap dalam keadaan sadar. Keuntungan cara ini adalah merupakan teknik yang paling aman dan memberikan hasil yang rata pada permukaan kulit.

“Liposuction di JSC dilakukan dalam pembiusan local tumesen, dalam arti pasien tetap dalam keadaan sadar.”

Sebelum dilakukan tindakan liposuction, pasien harus berkonsultasi dulu dengan dokter yang akan melakukan dan harus melakukan pemeriksaan laboratorium pra tindakan. Kemudian membuat janji jadwal operasi. Lama operasi sekitar 2-3- jam . Setelah tindakan pasien akan diberikan pembalut elastik atau korset selama 1-2 minggu.
Bekas pada kulit akan sangat minimal yaitu hanya sekitar 4 mm, pada beberapa tempat masuk nya alat penyedot (kanula).
Jakarta Skin Center melakukan liposuction pembiusan lokal sejak tahun 1993 dengan derajat keamanan dan kenyamaan yang sangat tinggi. JSC merupakan pelopor liposuction yang menggunakan teknik liposuction tumescent di Indonesia.
www.safeliposuction.net
Perjanjian operasi liposuction:         WA  : 081316299111 

 

Redaksi info : Dermatologist Team JSC

Cacar Air ( varicella )

 

Cacar air atau varicella adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Apabila seseorang terinfeksi dgn virus tersebut, maka akan terjadi masa inkubasi selama 10-23 hari. Masa inkubasi adalah masa seseorang telah terinfeksi virus namun belum menunjukkan gejala klinis.

Setelah itu akan keluar ruam berupa lenting berisi cairan jernih di atas dasar kulit berwarna merah. Lalu ruam akan mengering menjadi keropeng.
Masa penularan penyakit ini adalah sekitar 1-4 hari sebelum ruam timbul sampai sekitar 5 hari kemudian atau sampai semua ruam telah menjadi kering (keropeng).

Penularan cacar air dapat terjadi melalui udara maupun melalui kontak langsung dgn cairan lenting pd ruam. Jadi ruam yang telah kering/keropeng sudah tidak menular. Yang masih menular adalah lenting yang walaupun sudah pecah namun belum mengering.

 

Penularan cacar air dapat terjadi melalui udara maupun melalui kontak langsung dgn cairan lenting pada ruam.

Penularan


Untuk mencegah penularan, hindari kontak dgn penderita. Cacar air diobati dgn obat anti virus yang diminum dan obat oles sesuai fase penyakit. Selama cacar air, anak tetap harus mandi. Disarankan utk menggunakan air dengan suhu tidak terlalu panas, dan menggunakan sabun yang lembut dan mengandung pelembab.

Berdasarkan masa penularan penyakit tersebut, maka anak usia sekolah yang terkena cacar air dapat kembali masuk sekolah setelah semua ruam kering.

 

 

Redaksi info : Dermatologist Team JSC

tahi lalal  (nevus pigmentosus)

Tahi lalat (nevus pigmentosus) adalah sejenis tumor jinak kulit yang biasanya berwarma hitam-kecoklatan. Tumor adalah istilah umum untuk segala benjolan di permukaan kulit. Tumor jinak berarti termasuk jenis tumor yang tidak berbahaya. Tahi lalat berwarna hitam karena mengandung zat warna kulit (melanosit) yang berlebihan. Semakin banyak zat warna kulit yang dikandung dan semakin permukaan letak tumor, tahi lalat akan berwarna semakin gelap.
Tahi lalat tidak diturunkan secara genetik/ bakat, namun memang tahi lalat biasanya muncul sejak lahir atau usia kanak-kanak. Sebagian besar tahi lalat tidak menunjukkan perubahan yang bermakna, mungkin hanya ukuran membesar mengikuti perkembangan tubuh anak. Namun memang ada tahi lalat yang berubah menjadi ganas. Beberapa perubahan pada tahi lalat yang dapat menjadi penanda bahwa ia berubah menjadi ganas, yaitu :

  • Asimetri – tahi lalat yang biasanya berbentuk simetris bulat/ oval, tiba-tiba menjadi tidak beraturan misalnya berbentuk seperti bintang
  • Batas – tahi lalat jinak biasanya memiliki batas yang tegas, tiba-tiba batas menjadi samar dan sulit dibedakan dengan kulit sehat disekitarnya
  • Warna – terjadi perubahan warna dari yang sebelumnya berwana hitam menjadi warna lain misalnya biru, abu-abu, merah, putih
  • Tahi lalat muncul mendadak banyak dan hampir serentak

Untuk mengetahui apakah sebuah tahi lalat jinak atau ganas, anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kulit, sekaligus bertanya mengenai metode pengangkatan tahi lalat. Tidak semua tahi lalat jinak harus diangkat, biasanya diangkat untuk alasan estetik. Sebagian orang justru merasa kehadiran tahi lalat membawa keberuntungan. Bila ada dugaan ke arah keganasan/ kanker kulit, tahi lalat harus diangkat dan dikirim ke laboratorium patologi.


 

(nevus pigmentosus)

“Tahi lalat berwarna hitam karena mengandung zat warna kulit (melanosit) yang berlebihan. Semakin banyak zat warna kulit yang dikandung dan semakin permukaan letak tumor, tahi lalat akan berwarna semakin gelap.”

 

Hanya sedikit tahi lalat yang dapat menghilang dengan sendirinya, selebihnya harus diangkat dengan metode pembedahan. Biasanya digunakan pembedahan dengan pisau (bedah pisau). Sekilas prosedur bedah pisau sebagai berikut :

  • Area tahi lalat dan sekitarnya akan dibersihkan dengan cairan antiseptik, lalu disuntikan zat kebal, ditunggu selama 10-15 menit sampai obat bekerja
  • Lalu dilakukan tindakan penyayatan kulit dengan pisau steril hingga tahi lalat terangkat
  • Setelah itu dilakukan penjahitan dan penutupan luka
    Proses pembedahan biasanya berlangsung singkat antara 15-30 menit. Anda akan diminta untuk datang 3-7 hari kemudian untuk membuka jahitan. Ada kemungkinan tahi lalat akan timbul kembali bila tidak terangkat dengan sempurna, namun hal ini sangat jarang terjadi.