Gatal selangkangan karena jamur

gatal selangkanganHati-hati jika Anda mengalami gatal selangkangan disertai ruam kulit kemerahan , bintik-bintik yang perlahan meluas dan akhirnya menghitam. Jangan sembarangan membeli atau menentukan obat sendiri tanpa konsultasi  dokter.

Penyebab penyakit

Gatal selangkangan di area tersebut dapat disebabkan beberapa penyakit. Yang paling sering adalah iritasi oleh keringat, kelembaban, gesekan material celana,   atau yang disebut dermatitis kontak iritan, tapi dapat juga disebabkan oleh infeksi jamur. Kedua penyakit bentuknya mirip, tetapi obatnya sangat berbeda. Bahkan jika infeksi jamur diobati dengan obat untuk dermatitis,  malah dapat meluas dan menjadi kronik.

jika infeksi jamur diobati dengan obat untuk dermatitis,  malah dapat meluas dan menjadi kronik.

Diagnosa Penyakit

Ada beberapa ciri yang kadang dapat membedakan keduanya, yakni :

  1. dermatitis kontak iritan, batas ruam kurang jelas dan warna merah atau hitam cenderung merata.
  2. infeksi jamur, batas ruam lebih tegas, dapat berupa ruam merah terang dengan bintik-bintik merah di sekitarnya atau warna kehitaman dengan hanya bagian pinggirnya yang kemerahan.

Meskipun demikian, kadang kedua bentuk ruam sudah sulit dibedakan  karena  garukan saat gatal atau obat-obat yang sudah dipakai sendiri atau kondisi kulit yang menurun misalnya karena penyakit kencing manis dan gangguan kekebalan lain.

Jika Anda datang berobat dengan keadaan demikian maka dokter akan melakukan pemeriksaan sisik kulit dengan cara mengerok atau mengambil sisik dengan pita perekat untuk diperiksa dengan mikroskop. 

Tetapi jika dokter memeriksa dan dapat memastikan secara kasat mata penyakit yang mana, maka tidak perlu dilakukan pemeriksaan sisik kulit.

Pengobatan

Setelah diagnosis penyakit dipastikan obat yang diberikan mungkin cukup berupa krim, tetapi juga dapat diberikan obat minum tergantung luas dan apakah area yang ada ruam mudah dioleskan krim.

Selain itu Anda mungkin akan diberitahu dokter bagaimana memelihara kulit agar jangan sering kambuh, termasuk bagaimana membersihkan pakaian dan alat-alat yang mungkin  menyebabkan kekambuhan.

Selain kedua penyakit yang sering terjadi tersebut, gatal di lipat paha juga dapat disebabkan beberapa penyakit lain, meskipun lebih jarang.

Oleh sebab itu, sebaiknya jangan mengobati sendiri dulu, tapi konsultasi ke dokter agar dapat dipastikan penyakit pada tahap awal,  sehingga tidak menyisakan kehitaman pada lipat paha yang akan lebih sulit dihilangkan.

Redaksi info :  Dermatologis Team Jakarta Skin Center  

share ke sosmed