FURUNKEL

penyakit kulit furunkelFurunkel adalah bagian dari pioderma. Furunkel merupakan perluasan dari folikulitis. Pada folikulitis infeksi hanya sebatas di folikel rambut saja, jika infeksi menyebar kedaerah sekitarnya disebut dengan furunkel. Bentuk jamak dari furunkel disebut furunkulosis. Pada beberapa kasus furunkel dapat bersatu dan disebut dengan karbunkel. Penyebab dari penyakit ini adalah infeksi bakteri Staphylococcus aureus.

Gejala Penyakit

penyakit kulit furunkelGambaran klinis furunkel seperti bisul berbentuk kerucut berwarna kemerahan dan terdapat nanah pada bagian tengahnya. Kumpulan nanah juga dapat terbentuk dan berkumpul di bagian dalamnya. Pasien sering mngeluhkan nyeri. Lokasi dari penyakit ini sering di tempat yang mengalami gesekan seperti ketiak dan bokong. Tempat lain yang juga sering terjadi adalah di wajah dan leher.

Pengobatan

Pengobatannya bergantung dari luas lesi. Jika sedikit dapat diberikan salap antibiotik dan jika banyak dapat diberikan antibiotik minum. Jika kondisi berulang terjadi pada pasien perlu dilakukan pemeriksaan seperti apakah terdapat gangguan sistem imunitas pada pasien karena penyakit tertentu seperti diabetes mellitus atau kencing manis, kemoterapi, penggunaan obat-obatan penekan sistem imunitas. Pasien perlu mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat karena pada proses penyembukannya sering menimbulkan skar.

share ke sosmed