Folikulitis

penyebab

folikulitispenyakit kulit Folikulitis adalah pioderma yang menginfeksi folikel rambut dan disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus.

Berdasarkan kedalaman infeksi folikulitis dibagi menjadi folikulitis superfisial dan folikulitis profunda.

  • Folikulitis superfisial: infeksi yang terjadi terbatas hanya pada epidermis.
  • Folikulitis profunda: infeksinya lebih dalam hingga ke jaringan subkutis.

Gambaran klinis yang dapat ditemukan bintil kemerahan atau nanah dengan ciri khas terdapat rambut ditengahnya. Folikulitis superfisial sering terjadi pada tungkai bawah. Gambaran klinis folikulitis profunda mirip seperti superfisial tetapi juga ditemukan inflitrat sebagai tanda infeksi yang terjadi sudah lebih dalam dari epidermis. Predileksi dari folikulitis profunda sering ditemukan di bibir atas dan dagu atau mempunyai nama lain sikosis barbe. Daerah lain yang sering ditemukan penyakit ini adalah rambut pada anak-anak, ketiak dan bokong pada dewasa.

Pengobatan

Terdapat beberapa penyakit lain yang juga menginfeksi folikel rambut. Penting untuk mengkonsultasikan keluhan pasien ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Pengobatan folikulitis yang terpenting dicari faktor predisposisinya. Pasien dapat diberikan salap antibitik atau antibiotic minum tergantung dari luas lesi. 

share ke sosmed