EKTIMA

Ektima disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Ektima dapat pula terjadi pada impetigo yang tidak ditangani dengan baik sehingga infeksi menjadi lebih dalam. Gambaran klinisnya mirip dengan impetigo krustosa. Tampak krusta kekuningan pada bagian luar tetapi jika krusta diangkat atau dibersihkan pada ektima dasar krusta berupa ulkus. Ulkus adalah kehilangan jaringan kulit yang lebih dalam dari stratum papilare yang mempunyai tepi, dinding, dan dasar.

“Hygiene yang buruk adalah penyebab utama dari penyakit ini.”

Lokasi ektima sering ditemukan pada daerah yang mengalami trauma yaitu di tungkai bawah. Ektima dapat terjadi pada anak, lansia, dan penderita diabetes. Hygiene yang buruk adalah penyebab utama dari penyakit ini.

Pengobatan

Pengobatan dari ektima tergantung dari banyaknya lesi dan luas penyakit. Krusta diangkat terlebih dahulu lalu diberikan salap antibiotic. Jika lesi luas dapat diberikan antibiotik minum. berbeda dengan impetigo jika sembuh tidak meninggalkan bekas luka, ektima harus mendapat perhatian khusus karena sering menimbulkan bekas luka.   

share ke sosmed