Apakah semua kuku sakit harus dicabut?

penyakit kukuKuku merupakan organ kecil di ujung jari. Tetapi jika terkena penyakit kuku akan mengganggu, baik pada fungsi jari tangan dan kaki sehari-hari terutama jika disertai nyeri maupun gangguan akibat tampilan kuku yang rusak.

Kelainan kuku dapat muncul dengan berbagai gejala diantaranya :

  • nyeri.
  • bengkak.
  • bernanah.
  • kadang menebal.
  • suram.
  • menghitam.
  • kadang lepas terangkat dari dasarnya, atau rapuh.
  • dapat pula disertai gatal ujung-ujung jari.

Penyebab penyakit kuku bermacam- macam, bisa hanya karena salah manicure-pedicure, iritasi oleh riasan kuku, pemilihan sepatu yang salah,  infeksi jamur, bakteri, atau virus,  psoriasis, sampai kanker ganas melanoma.

“Kelainan pada kuku juga dapat mencerminkan penyakit pada organ tubuh lainnya.”

Kelainan pada kuku juga dapat mencerminkan penyakit pada organ tubuh lainnya. Misalnya kuku tipis rapuh dapat terjadi pada gangguan fungsi kelenjar tiroid (gondok),  permukaan kuku cembung dapat akibat gangguan jantung, perubahan warna kuku dapat terjadi pada penyakit autoimun.

Anamnesa dan diagnosa

Untuk memastikan apa diagnosis penyakit, dokter akan menanyakan berbagai hal antara lain lama  sakit, awal mula yang dirasakan, berbagai kebiasaan yang mungkin terkait dengan terjadinya kelainan kuku, pengobatan apa yang pernah didapat. Pemeriksaan dengan alat khusus yang disebut dermoskopi dapat memperjelas gambaran kerusakan kuku. Jika diperlukan, akan dilakukan pemeriksaan laboratorium, misalnya pengambilan kerokan kuku untuk pemeriksaan jamur, atau biopsi, yakni pengambilan contoh jaringan kuku dengan tindakan operasi kecil dan dikirimkan ke laboratorium patologi untuk pemeriksaan mikroskopis.

Setelah diagnosis tegak, pengobatan dapat berupa obat luar krim, salep, atau cairan atau obat minum. Hanya sebagian kecil kelainan kuku memerlukan pencabutan kuku.  Bahkan kadang pencabutan kuku akan menyebabkan gangguan pertumbuhan kuku selanjutnya. Pemeliharaan kuku dan jari tangan dan kaki merupakan hal yang penting diperhatikan selain obat, tergantung pada penyakitnya ada yang memerlukan pelembaban atau malah harus dijaga menghindari lembab berlebih.

Pertumbuhan kuku melambat

Perlu dipahami bahwa kuku kita tumbuh lambat. Kuku jari tangan tumbuh dari pangkal  sampai ujung jari membutuhkan waktu 6-8 bulan, sedangkan kuku jari kaki memerlukan waktu lebih lama, 8-12 bulan. Makin bertambah tua umur kita, kuku makin lambat tumbuhnya. Oleh sebab itu hasil pengobatan kuku juga tidak dapat diharapkan terlihat segera.

Kuku sendiri adalah benda mati, bagian yang hidup dan tumbuh berada di pangkal kuku. Jika bagian tersebut sempat mengalami kerusakan, maka besar kemungkinan pertumbuhan kuku selanjutnya tetap tidak sebaik semula.

Pengobatan

Oleh sebab itu, maka lebih awal kita mendapat kepastian penyakit dan pengobatan, maka diharapkan hasil pengobatan yang lebih baik. Jangan-jangan kuku Anda hanya perlu sepatu yang tepat, atau hanya obat minum dan cream tanpa perlu dicabut.

 

Redaksi info :  Dermatologis Team Jakarta Skin Center  

share ke sosmed