penyakit kulit jerawatPenyakit Kulit Jerawat

Penyakit kulit Jerawat (Acne vulgaris) merupakan peradangan kelenjar minyak terutama pada dewasa muda. Jerawat adalah penyakit kulit yang paling sering dijumpai dibandingkan dengan penyakit kulit lainnya. Penyakit ini dialami oleh 85% remaja dan hampir semua manusia pernah mengalami dalam hidupnya. Jerawat lebih sering timbul pada laki-laki namun timbul lebih awal pada perempuan (mulai usia 12 atau 13 tahun pada perempuan; mulai usia 14-15 tahun pada laki-laki).

Perjalanan klinis jerawat dapat berlangsung selama beberapa tahun, sebagian besar menghilang pada awal usia 20 tahunan, tetapi pada beberapa perempuan dapat berlanjut hingga dekade ketiga atau lebih. Walaupun dapat sembuh sendiri, namun jaringan parut yang ditimbulkan dapat bertahan lama dan dapat membuat pasien merasa tidak percaya diri, bahkan depresi. Acne vulgaris dapat mempengaruhi kualitas hidup, fungsi sosial, dan kesempatan kerja.

Penyebab

Beragam faktor dapat menimbulkan terjadinya Acne vulgaris, namun empat faktor berikut yang tersering, yaitu: proliferasi berlebih lapisan kulit luar, produksi minyak berlebih, adanya aktivitas bakteri penyebab Acne vulgaris, dan proses peradangan.

Acne vulgaris mempunyai beragam bentuk, bentuk tidak meradang terdiri atas komedo hitam dan komedo putih, dan bentuk meradang terdiri atas bintil merah kecil, bintil bernanah kekuningan, benjolan merah agak besar (jerawat batu), dan benjolan yang lebih besar lagi yang merupakan gabungan beberapa jerawat batu. Tempat terjadinya terutama di wajah, selain itu ditemukan di punggung, dada, bahu, serta batang tubuh.

Pengobatan

Dokter kulit dan kelamin (dermatologi dan venereologi)  anda di Jakarta Skin Center akan mendiagnosis dan menentukkan derajat keparahan jerawat Anda (ringan, sedang, atau berat) berdasarkan tanya jawab dan penampakan klinis Acne vulgaris Anda.

Setelahnya, kami akan memberikan rangkaian rencana pengobatan sesuai dengan derajat keparahan Anda. Tindakan pengobatan tersebut dapat berupa obat oles, obat minum, maupun beberapa tindakan kosmetik (seperti Eksktraksi Komedo, Suntik Jerawat, Peeling Kimia, Sinar Lampu, dan Laser).

Sebagai Klinik Kulit Pertama di Indonesia, berpengalaman lebih dari 25 tahun menangani beragam penyakit kulit dan kelamin serta bedah kulit.

sumber : Jakarta Skin Center Dermatologi Team

share ke sosmed

Leave a Comment