cacar air (varicella)

Cacar Air atau varicella.

cacar air atau varicella adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Apabila seseorang terinfeksi dengan virus tersebut, maka akan terjadi masa inkubasi selama 10 sampai dengan 23 hari. Masa inkubasi adalah masa seseorang telah terinfeksi virus namun belum menunjukkan gejala klinis.

Setelah itu akan keluar ruam berupa lenting berisi cairan jernih di atas dasar kulit berwarna merah. Lalu ruam akan mengering menjadi keropeng.
Masa penularan penyakit ini adalah sekitar 1 sampai dengan 4 hari sebelum ruam timbul sampai sekitar 5 hari kemudian atau sampai semua ruam telah menjadi kering (keropeng).

Penularannya dapat terjadi melalui udara maupun melalui kontak langsung dengan cairan lenting pada ruam. Jadi ruam yang telah kering/keropeng sudah tidak menular. Yang masih menular adalah lenting yang walaupun sudah pecah namun belum mengering.

Penularan cacar air dapat terjadi melalui udara maupun melalui kontak langsung dengan cairan lenting pada ruam.

Penularan

cacar air (varicella)

Untuk mencegah penularan, hindari kontak dengan penderita. Cacar air diobati dengan obat anti virus yang diminum dan obat oles sesuai fase penyakit. Selama cacar air, anak tetap harus mandi. Disarankan untuk menggunakan air dengan suhu tidak terlalu panas, dan menggunakan sabun yang lembut dan mengandung pelembab.

Berdasarkan masa penularan penyakit tersebut, maka anak usia sekolah yang terkena penyakit kulit ini dapat kembali masuk sekolah setelah semua ruam kering.

Meski cacar air lebih sering dialami oleh anak di bawah usia 10 tahun, tapi orang dewasa yang belum pernah mengalami cacar air dan berkontak langsung dengan penderita juga bisa berisiko terinfeksi. Selain itu, orang dewasa yang belum pernah memperoleh vaksin cacar air, belum pernah terkena cacar air sebelumnya, dan memiliki kekebalan tubuh yang rendah juga akan mudah terinfeksi.

Mencegah penularan cacar air dewasa ke orang lain :

  • Menjaga kebersihan. Semua orang yang serumah dengan Anda harus mencuci tangan dengan sabun secara menyeluruh. Cuci tangan sebelum makan dan sesudah ke kamar kecil. Bagi orang yang sedang merawat Anda, minta mereka menggunakan masker dan mencuci tangan mereka sebelum keluar dari kamar Anda.
  • Menjaga kuku tetap pendek. Kuku yang terlalu panjang bisa membuat kulit sobek atau tergores saat Anda tak sengaja menggaruk cacar yang terasa gatal, bahkan bisa membuat bintik cacar pecah dan berisiko terkena infeksi bakteri.
  • Isolasi diri. Mengurung diri di rumah dan tidak mengunjungi tempat umum adalah cara terbaik mencegah penularan cacar air dewasa. Jauhkan diri dari jangkauan anak-anak.
  • Menutupi seluruh tubuh yang terkena cacar. Cara ini akan mencegah Anda menggaruk bagian tubuh yang gatal.

Redaksi info :  dermatologist team jsc

share ke sosmed